Header Ads

  • Breaking News

    Recent Posts:

    Jatah Piala Dunia ditambah Menjadi 48 Negara, Indonesia bisa Ikut

    Presiden FIFA Infantino memberikan keputusan terkait jumlah kontestan Piala Dunia. Infantino menegaskan bahwa Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 Negara dari seluruh dunia. Jumlah ini bertambah 16 tim dari sebelumnya 32 negara saja. Infantino mengusulkan mengisi 48 tim di babak grup, dibagi menjadi 16 grup berisi tiga tim, dengan dua tim teratas di masing-masing grup melaju ke babak gugur. 

    tropi piala dunia

    37 anggota Dewan FIFA secara mutlak memilih usulan presiden mereka - dan itu tidak mengejutkan. Memang, Infantino sebelumnya telah mengklaim bahwa ia mendapatkan dukungan dari enam federasi besar (UEFA, CONCACAF, CONMEBOL, AFC, CAF, OFC). Memang, meski turnamen dengan 48 tim menambah jumlah pertandingan secara umum - dari 64 menjadi 80, sang juara Piala Dunia masih hanya bermain tujuh laga dan lama turnamen juga tidak berubah. 

    presiden fifa infantino

    Asosiasi klub Eropa (ECA) menentang keputusan tersebut, mereka khawatir dengan menurunnya kualitas, seperti yang terjadi pada Euro yang juga digemukkan saat digelar di Prancis musim panas lalu. Karl-Heinz Rummenigge menilai FIFA berusaha menyedot uang lebih banyak dari sumber pendapatan terbesar mereka, dengan mengorbankan permainan. FIFA diperkirakan meraup €5.2 milyar dari Piala Dunia 2018 di Rusia dan, berdasarkan proyeksi itu, angka dengan 48 negara di Piala Dunia akan membuat pendapatan naik €950 juta.

    Saat ini, ada 30 posisi yang terjamin - UEFA (13 tim); CONMEBOL (5); CAF (5), CONCACAF (3); AFC (4) - dengan dua slot sisa tergantung pertandingan play-off antara CONMEBOL dan AFC, dan CONCACAF dan OFC.

    Bagaimanapun juga, sangat besar peluang akan ada peningkatan posisi untuk Asia, Afrika dan Amerika Utara, dan juga satu tempat lolos otomatis untuk OFC. Dengan penambahan kuota ini, ada kesempatan bagi Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia di tahun yang akan datang. 

    Untuk tuan rumah Piala Dunia 2026, ini menjadi 'giliran' CONCACAF, dengan Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko mempertimbangkan untuk menjadi tiga tuan rumah perdana dalam sejarah turnamen. Bagaimanapun juga, Kolombia ikut bersaing. Negara Amerika Selatan itu terpilih untuk menggelar edisi 1986 tetapi harus memindahkan kesempatan itu untuk Meksiko karena masalah finansial.

    Tentang bagaimana peraturannya? kita tunggu saja nanti kabar dari FIFA ya..

    Tidak ada komentar

    loading...